Rabu, 20 Januari 2016

Stop Asking "Kapan?"


Hidup itu bukan sekedar untuk lulus sekolah, kuliah menikah, lalu punya anak/cucu kan?. Jadi kalo ada yang nanya, “kapan lulus?”, “kapan nikah?”, “kapan punya anak?” dan ratusan pertanyaan “kapan” lainnya , saya rasa sempit baangett pikiran orang tersebut.
Hidup bukan hanya sekedar untuk itu. Dan lagi kalian berniat basa-basi pake pertanyaan model begitu?
Basi........

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk memilih ‘path’ yang mungkin ga sesuai dengan kebiasaan masyarakat. Tidak menikah misalnya...
Apa mereka salah?
Mereka tidak menikah tapi bisa mandiri, ngehidupin diri sendiri tanpa nyusahin orang lain. Masih banyak waktu berbuat baik ke orang lain karena waktunya belum terfokus untuk melayani keluarga.
See?
Apa ruginya belum menikah?
Bisa jadi orang yang ditanya “kapan nikah” sebenarnya beberapa waktu lalu sudah merencanakan pernikahan tapi karena suatu hal, gagal......
Atau mengenai pertanyaan “kapan punya anak”
Bisa jadi orang yang dilempari pertanyaan tersebut adalah orang-orang yang sesungguhnya sudah mendambakan kehadiran anak sejak lama, sudah usaha kesana-kemari, sudah berdoa jungkir balik tiap malam tiap waktu. Tapi ya memang belum dipercaya dapat rezeki anak, terus gimana donk?
Atau bisa jadi,
Pasangan tersebut memutuskan untuk menunda anak karena ada beberapa prioritas yang harus diselesaikan, yang harus dicapai sebelum ‘mencetak’ anak agar saat si anak lahir mereka sudah siap 1000% sebagai orangtua dan sanggup membentuk anak yang berkualitas.
Mau lulus kuliah kapan, mau nikah kapan, kapan punya anak dan kapan-kapan lainnya, itu urusan masing-masing.
Sering nasehat-nasehat keluar dari orang yang merasa tua dan berpengalaman

“kamu cepet nikah ntar keburu tua lho, keriput, auramu ga bagus, bla..bla..”
“cepet punya anak. Anak tuh pelipur lara, perekat hubungan”

Halooo...Bapak, Ibu dan siapapun yang merasa tua dan berpengalaman. Sesungguhnya sebagian besar dari kami sudah paham banget kok tentang hal itu.
Sayangnya juga, pertanyaan basa-basi dan nasehat sering terlontar tanpa solusi. Misal :
A :       kamu buruan nikah gih
B :       tapi aku jomblo ni, mau bantu cariin pasangan?
A :       yah, temen-temenku udah punya pasangan semua
B :       ................................
KRIK

A :       kamu kapan punya anak?
B :       iyaa, sedih ni. Ada beberapa kendala di sistem reproduksi jadi niatnya mau program bayi                     tabung aja, ini lagi ngumpulin biaya. Kamu mau bayarin dananya ga?
A :       ooh gt yaa..maaf aku juga ga ada duit, harus bayar cicilan ini itu, mana ipar lagi ikutan tinggal             dirumah jadi sekarang dobel pengeluaran, blabla..
(malah balik curhat)


Setiap orang punya rencana dan pilihan hidup masing-masing yang tidak perlu diceritakan ke orang lain. Jadi, plis... sepertinya budaya nanya basa-basi “kapan” harus dikurangi dan pinter-pinterlah cari bahasan lain :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar