Selasa, 16 Januari 2024

Teori Kepribadian Hippocrates - Galenus

 Hola!

Kali ini aku akan bahas teori kepribadian yang pertama kali aku pelajari saat kuliah. Sepertinya sebagian besar dari kalian sudah familiar dengan teori kepribadian ini. Teori ini membagi kepribadian menjadi empat : Koleris, Plegmatis, Sanguin, Melankolis. Nahh.. udah kenal kan?
Nama teori kepribadian ini adalah Teori Kepribadian Hippocrates - Galenus.

Menurut Hippokrates, kesehatan dan kepribadian seimbang tergantung pada proporsi yang tepat dari empat cairan tubuh : darah, lendir, empedu kuning, dan empedu hitam. Ketidakseimbangan cairan tubuh ini, menurutnya, bisa menyebabkan penyakit dan juga mempengaruhi sifat serta kepribadian seseorang. Dari sini, muncullah hubungan antara empat cairan tubuh ini dengan empat temperamen atau kepribadian dasar: melankolis (dikaitkan dengan empedu hitam), koleris (dikaitkan dengan empedu kuning), plegmatis (dikaitkan dengan lendir), dan sanguin (dikaitkan dengan darah).

Aku jelasin mulai dari tipe kepribadian Koleris (yuhhuu tipe kepribadian akyuu!). Tipe kepribadian ini biasanya penuh semangat, enerjik, tapi juga agak keras kepala dan punya naluri alami untuk jadi pemimpin. Mereka punya api yang besar dalam dirinya! Mereka terkenal tegas. Gak ada area abu-abu dalam kamus mereka. Cuma ada YA dan TIDAK.
Kalo di DISC, tipe kepribadian ini mirip dengan tipe kepribadian Dominance.


Lalu ada tipe kepribadian Plegmatis. Mereka ini cenderung damai, suka menjaga kedamaian di sekitarnya, dan gak suka konflik. Plegmatis ini empatinya tinggi, mudah deket sama siapa aja, dan selalu siap memberi dukungan. Beberapa dari tipe plegmatis juga tidak suka menampakkan emosi kesedihan, marah, atau gembira yang meluap-luap. Saking datarnya ekspresi emosi mereka, seringkali kita gak akan pernah tau kapan mereka sedang marah. 
Kalo di DISC, tipe kepribadian ini mirip dengan tipe kepribadian Steadiness. Santai kayak di pantai..

Tipe yang ketiga adalah tipe kepribadian Sanguin. Mereka ini kayak baterai yang nggak pernah habis, selalu antusias, dan punya energi yang nggak ada matinya. Mereka seru banget buat diajak ngobrol dan sering jadi pusat perhatian. Mereka ini sering punya ide-ide yang out of the box! Kalo di DISC, tipe kepribadian ini mirip dengan tipe kepribadian Influence.

Tipe terakhir adalah tipe kepribadian Melankolis. Mereka ini biasanya orang yang peka banget terhadap emosi, suka mikir dalam-dalam, tapi sering juga cenderung ke arah melankolis atau sedih-sedihan. Kalo di DISC, tipe kepribadian ini mirip dengan tipe kepribadian Compliance.

Gak semua orang 100% masuk ke salah satu tipe ini, biasanya kita punya campuran dari semuanya. Tapi kadang-kadang, ada satu yang lebih kenceng daripada yang lain, kan?

Gimanapun itu, tetaplah unik dan jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri! Semoga penjelasan ini membantu kalian lebih memahami tentang beragam kepribadian yang ada di sekitar kita.

Teruslah menjelajahi keunikan dirimu dan hargai perbedaan! Happy exploring, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar