Jumat, 05 Februari 2016

Bukan Lion Namanya Kalo Gak Delay

Gambar diambil dari sini

Begitulah celetukan dari seorang penumpang saat saya baru masuk ruang tunggu bandara. Ia berusaha menenangkan rekannya yang gelisah karena belum ada panggilan masuk pesawat.

Hari ini, 6 Februari 2016. Saya berangkat dari Surabaya ke Jakarta menggunakan Lion Air dengan jadwal keberangkatan seharusnya pukul 12.10 WIB.
Serius deh, kalo bukan karena nyamain tiket dari kantor abang yang pake lion, saya ogaah bangett lhoo naik lion. Seingat saya selama naik Lion udah pernah 2 kali delay hingga pernah 2 jam delay. Harga tiket sejauh ini memang paling murah siih, tapi kalo bikin rugi waktu? No...No....

Anyway, saya pulang sendiri ke Jakarta hari ini karena abang mendadak harus pulang lebih awal kemarin akibat beberapa urusan kerja.
Jadilah saya harus gotong-gotong 23 kg muatan milik abang yang ditinggal kemarin (dia balik langsung dari kantor Surabaya cuma bawa tas kerja). Beruntung saya dianter sahabat2 sampe bandara.

Sampai bandara sebenernya udah lumayan panik karena saat itu jam sudah menunjukkan pukul 11.25, belom antri check in, belum naik ke gate. Bersyukur nyampe gate 2 masih banyak penumpang "berserakan" di ruang tunggu. Feeling not good lah.... Bau-bau bakal delay as usual. Hingga saya mendengar celetukan yang menguatkan 
"Bukan Lion namanya kalo ga delay".

Kami tetap dengan aktivitas menunggu sampai akhirnya ada pengumuman bahwa pesawat kamu ditunda 30 menit, which mean berangkat jadi pukul 12.40 WIB. Mulai terdengar gerutuan dari para calon penumpang.

10 menit kemudian.....

Diumumkan kembali kalo Lion bakal delay lagi sampai 13.40 WIB dan kami dipersilahkan mengambil snack. Whoaa gerutuan terdengar makin kenceng donk. Dan sungguh, ngerasa nyesel karena tadi udah keburu-buru sampe sempet lupa ambil boarding pass.

Kebayang ga sih gara-gara Lion hobi delay, penumpang bakal rugi waktu. Bisa jadi si calon penumpang sebenernya ada urusan urgent, ada saudara sakit/meninggal,urusan kantor dadakan, dsb. Delay nya lion bener-bener ruin their business. Belum lagi kesalahan-kesalahan teknis lainnya.
Kalo saya siih bakal lebih pilih bayar mahal dikit untuk beli tiket maskapai penerbangan lain daripada kehilangan waktu beberapa menit atau beberapa jam karena resiko delay lion.

diwaktu nunggu saya sempetin searching mengenai Lion. Saya dapet info tentang kilahan pihak Lion mengenai hobi delay mereka. Alasannya sih mereka memiliki arus penerbangan yang cukup padat hingga 700 penerbangan sehari sehingga kemungkinan untuk delay lebih tinggi dibanding maskapai penerbangan lainnya. 
Hell~o~~
Bukan alasan yang 'cantik' lhoo..
Harusnya mereka bisa kan memperbaiki sistem agar meminimalisir terjadinya delay.

Pun dampak teguran dari pemerintah nampaknya belum terasa. Atau memang Pemerintah belum berikan tindakan?? Dunno.

Kata orang Jawa "Ono Rego Ono Rupo", artinya ada harga ada kualitas. Hal ini sangat terbukti pada maskapai Lion. Semoga selanjutnya mereka bisa memperbaiki kualitas pelayanan ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar